TENTANG YOGYAKARTA

wisata-jogja
Gambar 1.1 tugu jogja
Seribu tahun silam, Yogyakarta merupakan pusat kerajaan Mataram Kuno yang makmur serta memiliki peradaban tinggi. Kerajaan inilah yang mendirikan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, 300 tahun sebelum Angkot Wat Kamboja.

Namun, oleh suatu sebab misterius, Kerajaan Mataram Kuno memindahkan pusat pemerintahannya ke Jawa Timur pada abad ke-10. Candi-candi megah itu pun terbengkalai dan sebagian tertimbun material letusan Gunung Merapi. Perlahan-lahan, wilayah Yogyakarta pun kembali menjadi hutan lebat.

Enam ratus tahun kemudian, Danang Sutawijaya mendirikan Kerajaan Mataram Islam di wilayah ini. Sekali lagi Yogyakarta menjadi saksi sejarah kerajaan besar menguasai Pulau Jawa dan sekitarnya.

Kerajaan Mataram Islam ini meninggalkan jejak berupa reruntuhan benteng serta makam kerajaan Kotagede kini dikenal sebagai pusat kerajinan perak wisata Yogyakarta.

Perjanjian Giyanti pada tahun 1755 membagi Kerajaan Mataram Islam menjadi Kasunan Surakarta berpusat di Kota Solo dan Kesultanan Yogyakarta mendirikan istananya di Kota Jogja. Kraton tersebut masih berdiri hingga kini serta masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan beserta keluarganya, lengkap dengan ratusan abdi dalem secara sukarela menjalankan tradisi di tengah perubahan jaman.

wisata-jogja
Gambar 1.2 gamelan jogja

Aktivitas dalam Keraton setiap harinya ada berbagai macam pagelaran budaya berupa pertunjukan wayang kulit, gamelan, sendratari Jawa, dsb.

Yogyakarta pada masa kini merupakan tempat tradisi serta dinamika modern berjalan berdampingan. Wisata Yogyakarta juga terkenal dengan kraton beserta ratusan abdi dalem setia menjalankan tradisi, tetapi juga ada Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara.

Sebagian masyarakat Yogyakarta hidup dalam budaya agraris yang kental, tetapi juga ada kaum mahasiswa dengan gaya hidup pop. wisata Yogyakarta juga terdapat pasar tradisional serta barang kerajinan sementara sebelahnya berdiri mall tak kalah ramainya.

wisata-jogja
Gambar 1.3 candi borobudur 

Kombinasi unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradisi, budaya, keindahan alam menjadikan Jogja sangat layak untuk dikunjungi dengan adanya banyak tempat Wisata Jogja.

Yogyakarta juga merupakan Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta di Jawa yang terkenal dengan Istana Sultan Yogyakarta atau Keraton Yogyakarta dimana keluarga Sultan masih tinggal di istana tersebut sampai sekarang, istana ini sendiri juga menjadi tempat tujuan utama wisata jogja. Istana ini juga terbuka untuk umum tetapi tidak semua bangunan, hanya beberapa bagian bangunan bisa dilihat oleh masyarakat maupun wisatawan wisata Jogja.

Kota ini disebut unik karena kita bisa melihat berbagai tradisi Jawa begitu melekat dengan masyarakatnya, seperti batik, kerajinan perak, pertunjukan wayang, musik tradisional atau gamelan, bahkan makanan khas wisata Yogyakarta yang disebut Gudeg! yaitu sayuran terbuat dari buah nangka muda, Masih banyak tempat Wisata Jogja lainnya wajib anda kunjungi.

Sebagai salah satu travel agent yang bergerak dibidang pariwisata, kami akan membantu anda merencanakan wisata di Jogja dan menikmati pesona terbaik dari tempat ini seperti Paket Wisata Jogja , Rental Mobil , Tempat Wisata Jogja serta segala sesuatu berhubungan dengan Wisata Jogja keren sekaligus kental akan tradisi dan budayanya sampai saat ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TENTANG YOGYAKARTA"

Post a Comment