GUA JOMBLANG

wisata-jogja
Gambar 1.1 gua jomblang
Hutan Purba dan Cahaya Surga Perut Bumi. Wisata Jogja Gua Jomblang merupakan gua vertikal hutan purba yang rapat. Sebuah lorong sepanjang 300 m dihiasi ornamen gua indah akan membawa Wisatawan menuju Gua Grubug, tempat dimana bisa menyaksikan cahaya surga. Wisata Jogja Gua Jomblang merupakan salah satu dari ratusan kompleks gua Gunungkidul terkenal karena keunikan serta keindahan tak terbantahkan. Berlokasi perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur,Wisata Jogja Gua Jomblang pernah dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahun 2011. Gua vertikal bertipe collapse doline ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi atas ke dasar bumi ribuan tahun lalu.
wisata-jogja
Gambar 1.2 gua jomblang
Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran luas mulut gua sekitar 50 meter persegi. Dalam bahasa Jawa sumuran juga dikenal istilah luweng, hingga gua ini pun sering disebut Wisata Jogja Luweng Jomblang. Bersama rekan-rekan caver dari Jomblang Resort, Kami pun mencoba untuk caving digua eksotik ini. Untuk memasuki Wisata Jogja Gua Jomblang diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh karena itu, siapa pun yang hendak caving wajib menggunakan peralatan khusus sesuai standar keamanan caving digua vertikal serta harus didampingi oleh penelusur gua berpengalaman. Sebelum memulai penelusuran, seorang pemandu memasangkan SRT set tubuh kami sambil menjelaskan nama dan fungsi masing-masing.
wisata-jogja
Gambar 1.3 gua jomblang
SRT set tersebut terdiri dari seat harness, chest harness, ascender/croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek. Selain SRT set, Wisatawan juga harus memakai perlengkapan lain seperti coverall, sepatu boot, helm, dan headlamp. Setelah semua perlengkapan melekat badan sempurna, petualangan menuju kedalaman perut bumi pun dimulai. Kami dan rekan-rekan caver dari Jomblang Resort meninggalkan basecamp menuju bibir gua sebagai lintasan. Ada beberapa lintasan Gua Jomblang dengan ketinggian beragam mulai 40 hingga 80 meter. Berhubung Kami baru pertama kali menuruni gua vertikal, maka lintasan yang dipilih merupakan lintasan terpendek dan dikenal jalur VIP.
wisata-jogja
Gambar 1.4 gua jomblang
Perjalanan 15 meter pertama dari teras VIP merupakan slope yang bisa ditapaki oleh kaki. Setelah itu dilanjutkan menuruni tali sepanjang kurang lebih 20 meter untuk sampai dasar gua. Rasa was-was sempat hinggap saat melayang diudara pun mulai menghilang begitu kaki-kaki saya kembali menjejak tanah. Kekhawatiran saya pun musnah seluruhnya ketika melihat pemandangan dasar gua nan mengundang decak kagum. Jika atas sejauh mata memandang hanya akan menemui perbukitan karst dan jati meranggas, maka perut Wisata Jogja Gua Jomblang terhampar pemandangan hijaunya hutan subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh rapat.

Hutan vegetasi sangat jauh berbeda dengan kondisi atas ini sering dikenal hutan purba. Sejak proses runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi ini terus hidup dan berkembang biak hingga saat ini. Penelusuran kami pun tak berhenti, melainkan berlanjut menuju Wisata Jogja Luweng Grubung melalui sebuah entrance (mulut gua) berukuran sangat besar. Wisata Jogja Jomblang dan Wisata Jogja Grubug dihubungkan sebuah lorong sepanjang 300 meter. Aneka ornamen cantik seperti batu kristal, stalaktit, serta stalagmit indah turut menghiasi lorong ini. Tak berapa lama berjalan terdengar suara gemuruh aliran sungai dan seberkas cahaya terang tengah kegelapan. Kami pun mempercepat langkah, penasaran  apa yang ada didepan kami.
wisata-jogja
Gambar 1.5 gua jomblang
Sebuah mahakarya Sang Pencipta sungguh mengagumkan terpampang dihadapan. Sungai bawah tanah Kalisuci mengalir deras. Sinar matahari menerobos masuk dari Wisata Jogja Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone serta kedalaman gua. Air menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Sesaat Wisatawan tidak mampu berkata-kata, hanya ada perasaan takjub dan terpesona. Akhirnya mata kepala sendiri Wisatawan bisa menyaksikan lukisan alam cahaya surga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GUA JOMBLANG"

Post a Comment