PANTAI PARANGTRITIS

wisata-jogja
Gambar 1.1 pantai parangtritis
Pantai Paling Terkenal di Yogyakarta. Terletak di Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia. Pantai Parangtritis adalah tempat Wisata Jogja terbaik menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir menggunakan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis.

Jam Buka Pantai Parangtritis
Senin - Minggu: buka 24 jam
Pantai Parangtritis terletak 27 km selatan Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Sore menjelang matahari terbenam adalah saat terbaik hendak mengunjungi pantai paling terkenal Yogyakarta. Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya demi naik ke Tebing Gembirawati belakang pantai. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

Pssst, kami akan memberitahu sebuah rahasia. Belum banyak orang tahu bahwa sebelah timur tebing tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Berbeda dari candi lainnya pada daerah pegunungan, Candi Gembirawati hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parangtritis. Sepanjang menuju candi, kita bisa melewati jalan menanjak dekat Hotel Queen of the South lalu masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter. Sayup-sayup gemuruh ombak laut selatan nan ganas bisa terdengar dari candi.
wisata-jogja
Gambar 1.2 pantai parangtritis
Wisata Jogja Pantai Parangtritis sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul penguasa laut selatan. Hotel Queen of the South adalah sebuah resort yang diberi nama sesuai legenda. Sayangnya resort ini sekarang sudah jarang buka padahal dulu memiliki pemandangan yang sanggup membuat kita menahan nafas.

Sunset romantis parangtritis. Ketika matahari sudah condong ke barat dan cuaca cerah, tibalah saatnya bersenang-senang. Meskipun Wisatawan dilarang berenang, Pantai Parangtritis tidak kekurangan sarana mendapatkan having fun bagi penikmat Wisata Jogja. Pinggir pantai ada persewaan ATV (All-terrain Vehicle). Masukkan persneling-nya lalu lepas kopling sambil menarik gas. Brrrrooom, motor segala medan beroda 4 akan melesat membawa Anda melintasi gundukan pasir pantai.
wisata-jogja
Gambar 1.3 pantai parangtritis
Baiklah, ATV mungkin hanya cocok kepada mereka jiwa petualang. Pilihan lain adalah bendi. Menyusuri permukaan pasir mulus disapu ombak ketika kereta kuda beroda 2 tak kalah menyenangkan. Bendi akan membawa kita ke ujung timur Pantai Parangtritis tempat gugusan karang begitu indah sehingga sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding. Senja nan remang-remang dan bayangan matahari berwarna keemasan dekat permukaan air semakin membangkitkan suasana romantis.

Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka Penikmat Wisata Jogja bersama keluarga. Bermain layang-layang bersama si kecil juga tak kalah menyenangkan. Angin laut kencang sangat membantu membuat layang-layang terbang tinggi, bahkan bila Anda belum pernah bermain layang-layang sekalipun.

Masih enggan pulang walau matahari sudah terbenam? Tak lama lagi beberapa penjual jagung bakar akan menggelar tikar pada pinggir pantai, kita bisa nongkrong disana hingga larut malam. Masih juga belum mau pulang? Jangan khawatir, dekat Pantai Parangtritis tersedia puluhan losmen dan penginapan yang  terjangkau.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANTAI PARANGTRITIS"

Post a Comment