PUNCAK KOSAKORA

wisata-jogja
Gambar 1.1 puncak kosakara
Tempat Selfie Anak Muda Kekinian yang Hobi Jalan-jalan. Wisata Jogja Puncak Kosakora sangat populer sebagai tempat favorit untuk selfie di kalangan anak muda kekinian. Tangga batuan karst nan curam pun harus taklukkan untuk mencapai puncaknya memiliki panorama pantai menawan dari ketinggian.

Jam Buka Puncak Kosakora
Senin - Minggu: buka 24 jam

Fenomena eksokarst Pegunungan Sewu ratusan tahun silam menyisakan eksotisme bentang alam pada Gunungkidul Jogja. Deretan conical hills ikuti jalanan naik turun, kini wisatawan melewati salah satu wisata jogja dekat kabupaten paling timur. Berkendara 2 jam lamanya ternyata belum bisa membawa wisatawan sampai ke tempat wisata jogja tujuan. Wisatawan harus trekking sekitar 2 km dengan medan cukup melelahkan untuk menuju tempat wisata jogja namanya kondang sekitar kalangan anak muda.
wisata-jogja
Gambar 1.2 puncak kosakara
Ladang-ladang penduduk adalah pemandangan awal saat itu menemani wisatawan pas awal trekking, hingga kami sampai di sebuah padang rumput lumayan luas. Sebuah mitos tentang tanah yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar menjadi cerita bertuliskan larangan mendirikan bangunan sekitar padang rumput disebut Lemah Sangar. Trekking berlanjut hingga kalian sampai Pantai Ngrumput. Dari pantai pasir putih ditumbuhi rumput beberapa sudutnya ini, tempat tujuan kami sudah terlihat.

Tepat pada timur pantai dengan bendera sebagai tandanya.Tangga curam dari batuan karst dengan tumbuhan pandan laut (Pandanus odorifer) rimbun sekitar kiri kanannya mengantarkan kita ke wisata jogja Puncak Kosakora, dataran paling tinggi di bukit dulunya disebut Bukit Ngrumput oleh masyarakat Tanjungsari. Semenjak seorang traveller tak sengaja singgah menjulukinya Kosakora, ia pun menjadi primadona wisata jogja baru nan tak pernah sepi pengunjung.

Wisata Jogja Puncak Kosakora adalah hasil fenomena eksokarst lain di Gunungkidul. Sebuah bukit karst berada sekitar satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik Gunungkidul. Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup bahkan Pantai Baron nan jauh di barat pun dapat terlihat dari bukit berketinggian sekitar 50 mdpl ini.
wisata-jogja
Gambar 1.3 puncak kosakara
Bukit yang dulunya sunyi, kini menjadi buah bibir banyak orang ingin menikmati keindahan panoramanya atau sekedar ingin selfie dengan background landscape pantai selatan dari ketinggian, seolah selfie di savana Kenawa. Teriknya matahari siang itu tak membuat para remaja dan anak-anak muda yang mengunjungi Wisata Jogja Puncak Kosakora mengurungkan diri untuk mengambil potret diri.

Mereka asyik berpose di depan kamera tak jauh dari papan kayu sederhana bertuliskan Puncak Kosakora. Tak ingin perjalanan jauh ini sia-sia, saya pun ikut ber-groufie ria. Namun hanya beberapa jepretan kamera dan saya pun menyerah, tak tahan dengan panasnya. Jika ingin berkunjung ke wisata jogja Puncak Kosakora, wisatawan sarankan datang pagi atau sore hari, saat sinar matahari tak begitu menyengat.

Jika ingin menikmati keindahan sunset dan sunrise bisa juga camping di wisata jogja Puncak Kosakora. Tempat ini telah tersedia persewaan tenda dome untuk menginap tanpa harus membawa sendiri dari rumah. Terlanjur datang saat matahari sedang garang dan tak ada rencana untuk bermalam, saya pun hanya memilih berteduh di gubuk bambu. Melepas lelah sambil menikmati pemandangan samudera luas yang hilang dalam batas cakrawala, mengagumi luasnya ciptaan Tuhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PUNCAK KOSAKORA"

Post a Comment