PANTAI KESIRAT

wisata-jogja
Gambar 1.1 pantai kesirat
Cerita tentang Senja yang Memikat dan Ucapan Syukur yang Tersirat. Tak adanya pasir pantai bukan berarti Wisata Jogja Pantai Kesirat tak menarik untuk dikunjungi. Selain cerita tentang ucapan syukur yang tersirat dalam tradisi, lukisan senja di ufuk barat terlihat begitu memikat.

Jam Buka Pantai Kesirat
Senin - Minggu: buka 24 jam

Tak seperti deretan pantai-pantai berpasir putih wisata Gunungkidul lainnya, Wisata Jogja Pantai Kesirat mempesona dengan karakternya sebagai pantai bertipe tebing karang. Tak ada pasir putih atau pemandangan buih ombak yang menepi di pantai ini. Hanya suara-suara deburan ombak yang pecah menabrak sisi-sisi karang.

Matahari sudah mulai condong ke arah barat ketika kami menyusuri jalanan bersemen. Setelah sekitar setengah jam kami terguncang-guncang di atas kendaraan akhirnya kami sampai di tempat tujuan. Balik semak-semak tinggi, salah satu surga tersembunyi itu menampakkan diri.
wisata-jogja
Gambar 1.2 pantai kesirat
Sebuah pohon tunggal yang tumbuh daerah tepi tebing terlihat mencolok dan menarik perhatian. Hamparan tanah berumput cukup luas seolah tak menarik baginya hingga ia memilih tumbuh daerah tepi tebing karang. Pohon abadi, begitulah namanya populer antara para wisatawan berkunjung ke Wisata Jogja Pantai Kesirat. Layaknya surga tersembunyi wisata Gunungkidul, Wisata Jogja Pantai Kesirat tak terlalu ramai sore itu. Hanya ada beberapa orang terlebih dulu sampai dan mendirikan tenda untuk bermalam tak jauh dari pohon abadi, serta beberapa bapak-bapak yang terlihat memancing di ujung selatan tebing.

Garis Wisata Jogja pantai Kesirat langsung jatuh ke laut lepas dan jenis ikannya beragam adalah penyebab pantai ini populer kalangan penggemar rock fishing. Bahkan jauh sebelum pantai ini dikunjungi para wisatawan. Sebuah pondok sederhana sengaja dibangun tebing bagian selatan merupakan spot terbaik memancing ikan. Jika sedang beruntung, kita bisa menyaksikan penduduk sekitar yang mencari ikan dengan cara ngrendet, menebar jaring dari satu tebing ke tebing lainnya.
wisata-jogja
Gambar 1.3 pantai kesirat
Rupanya tak hanya ikan-ikan kecil penghuni pantai tebing ini, Wisata Jogja Pantai Kesirat termasuk salah satu wisata pantai kawasan Panggang merupakan tempat singgah ikan-ikan besar. Konon menurut para pemancing di Kesirat, hiu tutul, paus maupun lumba-lumba sering terlihat ketika musim migrasi tiba. Mengintip sedikit ke dalam peta Marine Conservation Data Atlas buatan Ditjen PHKA Dephut tahun 1984, kawasan laut selatan Jawa memang merupakan jalur migrasi paus sei (Balaenoptera borealis).

Sedangkan perairan agak jauh dari daratan, Samudra Hindia, adalah kawasan kekuasaan paus minke (B. acutorostrata) dan paus sperma (Physeter catodon). Selain surga wisata tersembunyi dan populer di kalangan pemancing, Wisata Jogja Pantai Kesirat juga merupakan tempat disakralkan oleh penduduk setempat. Setahun sekali dilaksanakan ngalap berkah atau brubuh-brubuh di Wisata Jogja Pantai Kesirat.

Tradisi ini berawal dari kearifan lokal masyarakat Jawa pada lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan. Hanya ketika musim padi mulai menguning warga baru menebang pohon. Tradisi brubuh-brubuh sebagai ucapan syukur tersirat dalam bentuk menjaga keseimbangan alam pun berlanjut hingga kini.
wisata-jogja
Gambar 1.4 pantai kesirat
Sama seperti warga setempat melaksanakan tradisi brubuh-brubuh setahun sekali, maka tradisi rutin pengunjung Wisata Jogja Pantai Kesirat seperti kami tak bisa menikmati waktu menunggu ikan melahap umpan adalah menanti senja. Wisata tebing pantai menghadap ke barat menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari kembali ke peraduan, seolah tenggelam ke dalam lautan. Senja Wisata Jogja Pantai Kesirat semakin dramatis dengan pohon abadi condong ke arah laut, seakan melambai ke arah matahari, mengucapkan selamat tinggal.

Kami terduduk terpaku seolah terhipnotis keindahan gradasi warna kuning terang hingga biru pekat hasil karya Tuhan. Cahaya keemasan mewarnai langit barat dan memantul di perairan pun semakin redup seiring datangnya malam, menyisakan siluet hitam pohon abadi berdiri sendirian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANTAI KESIRAT"

Post a Comment