PANTAI NGRENEHAN

wisata-jogja
Gambar 1.1 pantai ngrenehan
Wisata Jogja Pantai Ngrenehan para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.

Jam Buka Pantai Ngrenehan
Senin - Minggu: buka 24 jam

Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km sebelah selatan kota Wonosari. Suatu Wisata Jogja pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau  wisatawan dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Para wisatawan Wisata Jogja dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh.
wisata-jogja
Gambar 1.2 pantai ngrenehan
Masih dalam satu kawasan dengan Wisata Jogja Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km sebelah Barat terdapat Wisata Jogja Pantai Ngobaran dan Wisata Jogja Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Wisata Jogja Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

Upacara Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau, dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).
wisata-jogja
Gambar 1.3 pantai ngrenehan
Selain melakukan persembahyangan, upacara Melasti juga adalah pembersihan dan penyucian benda sakral milik pura (pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya). Benda-benda tersebut diarak dan diusung mengelilingi desa. Hal ini dimaksudkan untuk menyucikan desa.Dalam upacara ini, masyarakat dibentuk berkelompok ke sumber-sumber air seperti danau dan laut.Satu kelompok berasal dari wilayah atau desa yang sama.
wisata-jogja
Gambar 1.4 pantai ngrenehan
Seluruh peserta Wisata Jogja pantai ini mengenakan baju putih. Para pemangku berkeliling dan memercikan air suci kepada seluruh warga yang datang serta perangkat-perangkat peribadatan dan menebarkan asap dupa sebagai wujud mensucian. Pelaksaaan upacara Melasti dilengkapi dengan berbagai sesajian sebagai simbol Trimurti, 3 dewa dalam Agama Hindu, yaitu Wisnu, Siwa, dan Brahma, serta Jumpana, singgasana Dewa Brahma.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANTAI NGRENEHAN"

Post a Comment