GUA KISKENDO

wisata-jogja
Gambar 1.1 gua kiskendo
Sepenggal Kisah Ramayana yang Tertinggal di Wisata Jogja Gua Kiskendo menawarkan pengalaman menelusuri keelokan lorong panjang berliku berhias stalagtit serta jejak sepenggal kisah Ramayana yang tertinggal dalam perut bumi Wisata Jogja.

Jam Buka Gua Kiskendo
Senin - Minggu: pukul 08.00 - 17.00 WIB

Mata kami seketika terpana oleh pemandangan relief terpahat pada tebing-tebing batu di sekitar pintu masuk gua. Ukuran reliefnya besar terjaga membuatnya semakin nyata. Setiap fragmen terpahat melemparkan mata Wisatawan Wisata Jogja pada Ramayana, epos paling legendaris di dunia, kisah perebutan Dewi Shinta antara Rama dan Rahwana.
wisata-jogja
Gambar 1.2 gua kiskendo
Namun, banyak tahu bahwa awal mula persekutuan Rama dan kerajaan kera tak bisa dilepaskan cerita pertempuran tak kalah sengitnya, yaitu pertempuran antara Mahesasura, Lembusuro melawan Subali manusia kera. Maka Wisata Jogja Gua Kiskendo inilah kita akan menelusuri kisahnya. Seperti kebanyakan gua hanya dinikmati keelokannya, Wisata Jogja Gua Kiskendo menawarkan dua hal, kisah sekaligus keindahan.

Memasuki mulut gua Wisata Jogja ini, kita akan disambut oleh puluhan sarang laba-laba menempel di bibir gua. Sementara akar pepohonan saling berkait beranda. Matahari yang garang perlahan tak bernyali mengikuti kami mulai menuruni dinginnya undak-undakan. Semakin lama semakin gelap hingga terang hanya bisa didapatkan dari headlamp mulai kami nyalakan. Sepanjang jalur penelusuran ini telah dialasi beton sehingga harus menjadi seorang caver profesional bila ingin menelusurinya. Meski begitu tetesan air dari stalagtit membentuk lubang-lubang kecil serta hawa dingin membuat penelusuran kali ini tak kalah mendebarkan.
wisata-jogja
Gambar 1.3 gua kiskendo
Wisata Jogja Gua Kiskendo sedang sepi, hanya kami berdua dan seorang guide dengan setia menceritakan setiap lorong Wisata Jogja Gua Kiskendo konon adalah istana dari kakak beradik berkepala kerbau, sapi sekaligus medan pertempurannya melawan Subali. Seketika saya membayangkan bagaimana pertempuran itu terjadi, bagaimana kecemasan Sugriwa menunggu was-was keselamatan kakaknya tengah bertempur kakak beradik Mahesasura dan Lembusuro dalam gua. Pun saat melihat sebuah lubang besar menuju langit atas kepala, saya seolah benar-benar sedang melihat drama kepanikan Subali terkurung lantaran pintu masuk yang tertutup batu sehingga harus menjebol langit-langit gua untuk bisa keluar.

Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, Sekandang. Tengah-tengah gua, dekat sebuah ruangan serupa aula kecil, terdapat gentong berisi air. Air berasal dari tetesan stalagtit tersebut bisa kita minum untuk melepas dahaga setelah menelusuri setiap lorong gua sejauh sekitar 1 km.
wisata-jogja
Gambar 1.4 gua kiskendo
Menelusuri Wisata Jogja Gua Kiskendo telah membuat saya seolah sedang menonton pementasan teater dengan artistik sebuah karya masterpiece garapan seorang seniman. Sementara reliefnya terpahat indah sekitarnya serupa prosa dibacakan dengan suara merdu nan berat oleh seorang narator. Pandangan perlahan semakin terang, matahari kembali benderang. Pementasan telah berakhir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GUA KISKENDO"

Post a Comment