PEMANDIAN TIRTA BUDI

wisata-jogja
Gambar 1.1 pemandian tirta budi
Blue Lagoon-nya Sleman. Backflip dan byur! Dari jauh, beberapa anak tampak melakukan atraksi ini berkali-kali. Mereka asyik bermain di sebuah pemandian di tengah desa yang airnya jernih kebiruan. Wisata Jogja Pemandian itu bernama Tirta Budi, dikenal sebagai Wisata Blue Lagoon-nya Sleman.

Jam Buka Pemandian Tirta Budi
Senin - Minggu: pukul 07.00 - 17.30 WIB

Sudah sejak berpuluh-puluh tahun silam, warga Desa Dalem, Widodomartani hidup berkelimpahan air. Tiga buah mata air tak pernah kering menjadi tumpuan hidup mereka, Wisata Jogja Sendang Wadon (putri), Wisata Jogja Belik Kluwih Wisata Jogja Sendang Lanang (putra). Ketiga sendang tersebut berada daerah aliran Kali Tepus. Wisata Jogja Sendang Wadon merupakan tempat pemandian para wanita berada dalam sebuah bilik berupa kolam kecil. Sementara itu, Wisata Jogja Belik Kluwih dan Wisata Jogja Sendang Lanang hadir dalam bentuk pancuran dengan air berasal dari dinding tepi kali. Air Belik Kluwih berkumpul membentuk sebuah kedung, sementara itu Sendang Lanang membentuk kolam kecil. Kedung inilah akhirnya dijuluki sebagai Wisata Jogja Blue Lagoon.
wisata-jogja
Gambar 1.2 pemandian tirta budi
Sebetulnya, nama resmi pemandian ini adalah Wisata Jogja Pemandian Tirta Budi. Namun, anak-anak muda sudah terlanjur mengenalnya dengan nama Wisata Jogja Blue Lagoon lantaran airnya jernih dan biru. Meskipun mungil jauh berbeda dengan Wisata Jogja Blue Lagoon ada daerah Iceland, pemandian ini tetap saja unik mampu menarik perhatian banyak orang. Sehingga tak heran bila pemandian ini jadi kondang seantero Jogja ramai dikunjungi terutama ketika akhir pekan dan hari libur.

Untuk mencapai Wisata Jogja Pemandian Tirta Budi ini tidaklah sulit. Jika kita datang dari arah Jogja kota, langsung saja arahkan kendaraan ke Jalan Kaliurang. Sesampainya di kilometer 13, kita akan menemukan pertigaan Jalan Raya Besi-Jangkang sebelah kanan jalan. Belok ikuti saja jalan raya ini hingga sampai di Pasar Jangkang. Dari pertigaan Pasar Jangkang, ambil arah kanan sekitar 100 meter ikuti petunjuk arahnya. Maka kita akan sampai ke Wisata Jogja Blue Lagoon.
wisata-jogja
Gambar 1.3 pemandian tirta budi
Pada musim penghujan, kedung ini akan menyatu dengan aliran air Kali Tepus mengakibatkan efek birunya menghilang. Meskipun demikian, tak perlu berkecil hati, kita tetap bisa berwisata air di sini. Pinjam saja pelampung ban disewakan oleh Pokdarwis Wisata Jogja Blue Lagoon cobalah meluncur dari sebuah bendungan kecil ujung kali. Menjajal terapi pijat dari pancuran tinggi sebelah Wisata Jogja Sendang Lanang pun tak kalah menariknya. Arahkan punggung atau bagian tubuh lain terasa pegal biarkan air memancur memijat kita.

Lelah bermain air, menikmati nasi kucing dan teh hangat sambil bersantai gazebo-gazebo bambu karya warga sekitar menjadi pilihan lebih menyenangkan dibandingkan langsung pulang. Suara gemericik air, suara cicit burung dan angin menggesek daun-daun bambu adalah melodi alam mungkin sudah jarang ditemukan. Jika beruntung, kita juga dapat melihat anak-anak kecil setempat "beratraksi" ketika menceburkan diri ke air. Mereka terkadang dengan spontan melakukan gerakan backflip tak jarang pula berenang sambil berlomba mencari dan mengambil kelereng dilemparkan ke dalam sungai.
wisata-jogja
Gambar 1.4 pemandian tirta budi
Ketika berkunjung ke Wisata Jogja Blue Lagoon, sebenarnya tak hanya sensasi segarnya bermain air berwisata sungai saja dapat kita nikmati. Pasalnya, Desa Dalem kini juga dikenal dengan nama Desa Wisata Jogja Blue Lagoon ini pun memberi kesempatan kita untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakat sekitarnya. Jadi, jika bosan dengan suasana kota, coba saja untuk live in di sini berbaur bersama warga. Tinggal di homestay, mencicipi sego wiwit, es dung-dung hingga belajar membatik pasti menyenangkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMANDIAN TIRTA BUDI"

Post a Comment