CAVE TUBING KALISUCI

wisata-jogja
Gambar 1.1 cave tubing kalisuci
Berpeluk Mesra bersama Arus Sungai di Perut Bumi. Mengarungi sungai bawah tanah menggunakan ban pelampung menjanjikan sensasi tersendiri. Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung gulita. Siapkan diri Anda untuk petualangan Wisata Jogja sangat eksotik tak kan pernah terlupa.
Jam Buka Cave Tubing Kalisuci
Senin - Minggu: pukul 08.00 - 16.00 WIB

Kabupaten Gunungkidul selama ini dikenal sebagai kawasan tandus, gersang karena hampir semua topografi wilayahnya terdiri dari perbukitan kapur atau lebih kenal istilah perbukitan karst. Saat musim kemarau tiba, warna hijau tanaman segera berubah menjadi kecoklatan akibat meranggas.

Namun, balik kegersangan perbukitan karst Gunungkidul menyimpan jutaan potensi Wisata Jogja jarang menemui di tempat lain. Salah satunya adalah gua-gua indah yang tersembunyi di perut bumi bersama sungai mengalir deras di dalamnya. Menyusuri sungai mengalir melewati gua-gua bawah tanah menjadi salah satu petualangan Wisata Jogja yang ditawarkan Kalisuci, Semanu, Gunungkidul. Istilah cave tubing, petualangan memadukan aktivitas caving (susur gua), body rafting.
wisata-jogja
Gambar 1.2  cave tubing kalisuci
Berbekal informasi bahwa aktivitas cave tubing ini hanya ada di Mexico, New Zealand, Gunungkidul, Wisatawan pun semakin semangat dan tak sabar untuk segera memulai petualangan baru yang mengasyikkan serta penuh tantangan. Setelah life jacket, helm, serta semua peralatan yang diperlukan terpasang dengan sempurna dalam tubuh, Wisatawan pun mulai menyusuri jalan setapak antara ladang jati menuju titik mulainya cave tubing Kalisuci.

Aliran sungai berkelak-kelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya nan biru kehijauan terlihat kontras beserta warna coklat tanah, tebing karst, serta daun-daun meranggas sehingga menciptakan harmoni lukisan alam nan mempesona. Setelah semua duduk di atas ban pelampung, pengarungan sungai pun dimulai. Ban mulai bergerak seirama aliran air.
wisata-jogja
Gambar 1.3 cave tubing kalisuci
Saat tiba dekat arus tenang maka tangan harus difungsikan sebagai kayuh supaya terus melaju, sedangkan saat memasuki jeram ban akan melaju dengan cepat serta berputar-putar mengikuti arus. Beberapa titik penuh dengan bebatuan maupun jeram ekstrim dan sulit melewati, Wisatawan terpaksa harus keluar dari sungai dan berjalan kaki sambil mengusung ban pelampung.

Petualangan sesungguhnya mulai saat aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Sinar matahari menghilang, berganti bersama suasana remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp. Stalaktit terlihat dekat atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal.
wisata-jogja
Gambar 1.4 cavev tubing kalisuci
Tiga ekor kelelawar nampak bergelantungan dalam langit-langit gua, ikan besar berenang dekat bawah kaki, seekor laba-laba besar menempel stalagmit. Keindahan gua dan kesejukan sungai menyatu dalam keheningan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya aliran sungai dalam perut bumi dengan bonus pemandangan alam nan cantik, Wisata Jogja nan eksotik benar-benar menjadi petualangan yang tak kan pernah terlupa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CAVE TUBING KALISUCI"

Post a Comment