PANTAI SEPANJANG

wisata-jogja
Gambar 1.1 pantai sepanjang
Si Pantai Kuta Tempo Doeloe. Tak harus mahal-mahal ke wisata Pantai Kuta di Bali kalau hanya ingin berjemur. Wisata Jogja Pantai Sepanjang saja sudah bisa berjemur namun dengan suasana yang lebih asri.

Jam Buka Pantai Sepanjang
Senin - Minggu: buka 24 jam

Bila ingin bernostalgia menikmati nuansa wisata Pantai Kuta tempo doeloe, Wisata Jogja Pantai Sepanjang adalah tempat nan tepat. Wisata Jogja Pantai Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih masih terjaga, ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai.
wisata-jogja
Gambar 1.2 pantai sepanjang
Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba wisata pantai sepanjang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak. Wisata Jogja Pantai Sepanjang merupakan salah satu wisata pantai ini baru dibuka. Nama "Sepanjang" diberikan karena ciri khas wisata pantai memiliki garis wisata pantai terpanjang antara semua wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana wisata pantai ini sangat alami. Bibir wisata pantai ini dihiasi tumbuhan palem, gubug-gubug beratap daun kering.
Karang wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan wisata pantai sebagai wisata Pantai Kuta kedua. Suasana alami itulah menjadikan Wisata Jogja Pantai Sepanjang lebih dari wisata Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam.

Buktinya, anda akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) bintang laut (Echinodermata). Anda juga tetap bisa menemukan limpet batuan sekitar wisata pantai mencerabut rumput laut tertanam. Tentu dengan berhati-hati agar tertancap duri landak laut. Jelas kan, Anda akan menemuinya di wisata Pantai Kuta?
wisata-jogja
Gambar 1.3 pantai sepanjang
Kebudayaan masyarakat Wisata Jogja  pantai juga masih sangat kental. Ada bangunan permanen pinggir pantai, hanya beberapa gubug ditinggali oleh masyarakat setempat. Masih pinggir pantai, terdapat ladang digunakan penduduk untuk menanam kedelai. Wisata Jogja Pantai Sepanjang landai dan langsung diterpa ombak menyebabkan ada penduduk yang melaut.

Bila melihat ke belakang, akan tampak dua buah bukit bagian lerengnya digunakan penduduk setempat untuk menanam jagung sebagai sumber makanan pokok. Tanah puncak bukit tersebut telah dibeli oleh investor untuk dibangun sebuah villa harapannya bisa digunakan sebagai penginapan wisatawan.

Wisata Jogja Pantai Sepanjang juga memiliki situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. "Banyu" berarti air "sepuh" berarti basuh atau membasuh. Sesuai namanya, tempat ini tadinya berupa mata air digunakan untuk membasuh atau memandikan. Penggunanya konon adalah para wali biasanya membasuh pusakanya. Situs ini akan diketahui keberadaannya bila bertanya ke penduduk setempat. Ketika wisatawan melihat, situs ini hanya tinggal kubangan kering ditumbuhi tanaman liar.

Capek berkeliling, maka istirahatlah. Gubug-gubug berada pinggir pantai biasanya digunakan penduduk untuk menjual makanan dan minuman sekiranya cukup untuk melepas lapar, dahaga. Disediakan pula lincak (tempat duduk yang disusun dari bambu) untuk tempat ngobrol dan menikmati semilirnya angin pantai. Wisatawan Wisata Jogja sempat merasakan betapa sejuknya berteduh bawah gubug. Kalau senja tiba, tengoklah ke barat untuk menyaksikan kepergian matahari. Walau kini belum ada villa, namun penduduk setempat cukup terbuka bila ada yang menginap.

Soal oleh-oleh jika pulang, pengunjung tak perlu berpusing-pusing mencari. Bukankah oleh-oleh harus selalu berbentuk makanan? Beberapa penduduk tinggal beberapa kilometer dari wisata pantai sudah membuat kerajinan tangan berbahan dasar cangkang kerang-kerangan kemudian dipasarkan oleh penduduk pantai. Meski sekomersil di Malaysia, kerajinan tangan dibuat oleh penduduk cukup bervariasi. Ada kreasi berbentuk kereta kencana, orang-orangan, barong, jepitan, ataupun hanya sekedar dikeringkan dan dipendam dalam pasir. Beberapa antaranya dilukis sederhana menggunakan cat.
wisata-jogja
Gambar 1.4 pantai sepanjang
Harga kerajinan yang murah tak berarti bernilai rendah. Kerajinan berbahan dasar Mollusca sebenarnya memiliki nilai historis nan besar. Jika pernah membaca buku ataupun artikel tentang Conchology, Anda akan mengetahui bahwa kerajinan tersebut adalah bentuk kebudayaan maha tinggi berkembang masyarakat pesisir. Orang-orang Hawaii di Amerika Serikat, Kepulauan Melanesia, atapun Maori di Selandia Baru mengembangkan kerajinan serupa. Mereka merangkai cangkang kerang-kerangan menjadi kalung, rok, ikat pinggang, hingga memahat dan melukisnya menjadi seni rupa maha dahsyat.

Apabila uang dompet sedang mepet, pengunjung dapat mengkoleksi cangkang ada pinggiran pantai. Benda kecil ini dapat menjadi hadiah menarik bila diproses lebih lanjut. Ambil beberapa buah cangkang masih utuh kemudian masukkan dalam kantong plastik. Sesampainya di rumah, belilah tembakau atau mint dan campurkan dengan alkohol 90%. Setelah direndam sehari semalam, ambil cangkang dan gosok perlahan. Langkah itu akan menghilangkan lapisan kapur pada cangkang sehingga tinggal hanya lapisan tengahnya saja (lapisan prismatik).

Gosokan akan membuat warna cangkang lebih cemerlang. Nah, sangat menarik bukan berwisata di tempat Sepanjang? Jadi, tunggu apa lagi? Anda tinggal melaju dengan sepeda motor atau menginjak pedal gas mobil Anda. Tak usah menggubris naik turunnya medan ataupun jalan bebatuan menuju wisata pantai ini sebab keindahan alam dan budaya akan dinikmati jauh lebih dari pengorbanan Anda. Percayalah, semua akan terbayar dan Anda pun akan berkata seperti salah seorang turis asal Belanda ditemui wisatawan, "Ini betul-betul si Kuta baru. Banyak wisata pantai di sini dan Bali sudah sangat turistik, tapi di sini pantai tenang. Sangat menyenangkan."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANTAI SEPANJANG"

Post a Comment