PUNCAK SUROLOYO

wisata-jogja
Gambar 1.1 puncak suroloyo
Meneropong Candi Borobudur dari Perbukitan Buddha Tidur. Wisata Jogja Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi Pegunungan Menoreh. Dari ketinggian 1.019 m dpl kita dapat meneropong Candi Borobudur terlihat sangat mungil dikelilingi 4 "benteng"-nya: Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, serta Merapi.

Jam Buka Puncak Suroloyo
Senin - Minggu: buka 24 jam

Sebelah barat laut Candi Borobudur membentang Perbukitan Menoreh yang tampak bagaikan siluet patung Buddha tidur, hanya saja ukurannya sungguh raksasa. Pada abad ke-18, seorang pujangga dari Keraton Surakarta, Ngabehi Yasadipura I, pernah menulis sebuah karya sastra berjudul Serat Cabolek. Dalam serat itu kisah Raden Mas Rangsang kemudian bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo mendapatkan wangsit bahwa dia akan menjadi penguasa Tanah Jawa, oleh karena itu dia harus berjalan dari Keraton Kotagede menuju Perbukitan Menoreh. Supaya bisa menjadi penguasa, dia harus melakukan tapa kesatrian salah satu puncak Perbukitan Menoreh kini dikenal nama Wisata Jogja Puncak Suroloyo. Kawasan ini wajib dikunjungi sebagai dessert perjalanan wisata penemuan harta karun dunia di wisata Borobudur.
wisata-jogja
Gambar 1.2 puncak suroloyo
Perjalanan menuju Wisata Jogja Puncak Suroloyo merupakan petualangan tersendiri penuh tantangan. Jalanan sempit penuh tanjakan curam, kelokan tajam, serta mengapit bukit dan jurang menjadi perjalanan yang mendebarkan. Namun perasaan takut itu akan tergantikan oleh ketakjuban saat melihat pemandangan yang terhampar. Gugusan perbukitan nampak berdiri kokoh melindungi kawasan perdesaan lembah dikelilingi areal persawahan beserta ladang. Sejauh mata memandang terlihat adalah warna hijau berpadu dengan biru langit nan putihnya mega. Sesekali terlihat bunga liar tumbuh anggun tengah-tengah rumpun ilalang.

Setelah menempuh 15 km perjalanan menggunakan sepeda motor, Wisatawan pun menjejakkan kaki sekitar wisata Suroloyo. Untuk mencapai puncaknya terdapat 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan tinggi yang harus didaki. Awalnya pendakian masih terasa biasa saja, namun mulai anak tangga ke-100 nafas wisatawan sudah tersengal, hampir putus. Setelah beristirahat dekat anak tangga, pendakian pun dilanjutkan kembali dengan pelan. Begitu menjejakkan kaki tepat Wisata Jogja Puncak Suroloyo memiliki ketinggian 1.019 m dpl, Wisatawan disambut dengan kepakan sayap puluhan burung gereja, kupu-kupu, dan juga capung. Rombongan unggas dengan serangga itu terbang rendah di atas kepala seolah mengucapkan selamat datang.
wisata-jogja
Gambar 1.3 puncak suroloyo
Pemandangan indah nan menakjubkan terhampar di depan mata. Areal persawahan berbentuk terasering menghiasi dinding perbukitan, berpadu mesra dengan lembah dan perdesaan. Di kejauhan nampak wisata puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi menyembul di balik gumpalan awan. Wisata Jogja Candi Borobudur terlihat dalam ukuran sangat mungil, tersembunyi dibalik pepohonan. Wisatawan pun tercekat, saat tiba-tiba segumpal awan berarak pelan tak jauh dari tempat wisatawan berdiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PUNCAK SUROLOYO"

Post a Comment